Senin, 23 Agustus 2010

Tahun 2015, 50% Pengguna di Asia Pakai Smartphone

Menurut lembaga riset dan konsultasi Frost and Sullivan, smartphone akan menguasai lebih dari setengah pasar di Asia pada tahun 2015 dengan estimasi penjualan mencapai 477 juta unit.

Diperkirakan Frost and Sullivan, pangsa pasar smartphone di Asia Pasific akan terus bertumbuh pesat hingga 54 persen pada lima tahun mendatang, dibandingkan lima persen per tahun 2009.

Tajamnya pertumbuhan penjualan smartphone akan mampu mendongkrak pendapatan para operator telekomunikasi. Karena, semakin meluasnya pasar smartphone, semakin besar pula permintaan pasar terhadap layanan data.

Seperti diketahui, smartphone (ponsel pintar) saat ini dikenal sebagai perangkat bergerak kelas atas yang
dapat menyuguhkan akses data lebih cepat, seperti e-mail dan browsing, dibandingkan ponsel-ponsel biasa dengan fitur sama.

Karakter pelanggan yang rela membayar lebih untuk layanan mobile data jelas mendongkrak ARPU (average revenue per user) bagi operator, sehingga berpotensi untuk memberi kontribusi signifikan pada laba perusahaan secara keseluruhan.

"Smartphone akan menjadi elemen penting bagi bisnis mobile broadband setiap operator. Nanti, pengguna smartphone diperkirakan meningkatkan ARPU hingga 25 sampai 100 persen setelah adopsinya meluas. Namun, hal ini bergantung pada daya serap pasar di masing-masing wilayah," kata Marc Einstein, manager industri Frost & Sullivan, yang dikutip ChannelNewsAsia.com, Senin 23 Agustus 2010.

"Pasar Asia-Pasifik dipandang sangat menarik bagi (produsen) smartphone di mana beberapa wilayah seperti China, India, dan Indonesia saat ini menunjukkan daya serap smartphone yang signifikan," paparnya dalam laporan terbaru.

Berdasarkan pengamatannya, fenomena iPhone dan BlackBerry sebagai ponsel favorit pelanggan korporat tak dipungkiri menjadi pemicu minat konsumen terhadap smartphone beberapa tahun terakhir.

Sumber: vivanews.com

1 komentar:

  1. Pengen sih punya smartphone, tapi kapan??? hehehe. Berdoa aja ah. Siapa tau aja ntar ada yang ngasih... hehehe

    BalasHapus

bowol.blogspot.com Fans

bowol on Facebook