Rabu, 28 April 2010

Penjahat Cyber Mulai Incar Gamers

SINGAPURA - Penjahat cyber kini mulai membidik para pemain game. Di Singapura terdapat dua virus berbahaya yang menyusup ke dalam komputer gamer.

Dilansir melalui Straits Times, Rabu (28/4/2010), perusahaan jaringan keamanan komputer Symantec menemukan adanya dua buah software berbahaya yang dapat merusak komputer para pemain game dan mencuri data penting gamer.

"Dua buah virus berbahaya itu beroperasi dengan proses yang berbeda, yang satu memiliki kode nama Gammima sedangkan lainnya berkode Gampass," ujar analis keamanan jaringan di Symantec.

Dijelaskannya, Gammima merupakan sejenis worm yang mampu meloncat ke dalam PC milik gamer ketika
USB Flash yang terinfeksi dicolokkan ke dalam drive yang ada.

Sekali masuk ke dalam PC, semua virus yang ada akan terkopi secara otomatis ke dalam hard disk atau drive yang terkoneksi ke komputer, mulai dari drive C hingga Z, termasuk flash drive apa saja.

Sedangkan Gampass dapat menginfeksi jika PC yang digunakan mengunjungi situs yang berisi malware. Cara kerjanya mirip dengan malware yang tersemat di situs, biasanya akan memerintahkan pengguna PC untuk mendownload sebuah software.

Hebatnya, virus ini bekerja cukup rapi sehingga pengguna PC pun tidak akan menyadari jika jaringannya telah terinfeksi. Bahkan layar monitor juga tidak akan menunjukkan gejala 'sakit'.

Kedua virus ini dipercaya akan mengambil data-data penting milik gamer, termasuk nama log-in dan password yang ada. Bahkan jejak aktivitas yang dilakukan dalam PC tersebut akan terekam oleh virus tersebut.

Sumber. okezone.com

1 komentar:

  1. Mending belajar manfaatin internet utk hal-hal positif yg mampu meningkatkan kualitas kerja dan kualitas hidup. Kan lebih elok kayak aku nih....he..he..he
    Salam,
    http://seminar-information.com/blog/

    BalasHapus

bowol.blogspot.com Fans

bowol on Facebook