Kamis, 04 Maret 2010

Pengertian dan Gambaran Tentang Rational Rose


Salah satu tool pendesainan yang mendukung UML, yaitu Rational Rose. Rational Rose merupakan salah satu software yang paling banyak digunakan untuk melakukan design software melalui pendekatan UML (Unified Modelling Language). Rational Rose merupakan software yang menyediakan banyak fungsi-fungsi seperti: design proses generate code, reverse engineering, serta banyak fungsi-fungsi yang lain.
Rational Rose merupakan tool yang sangat mudah karena sudah menyediakan contoh-contoh design dari beberapa software. Untuk membuat file Rational Rose, buka aplikasi Rational Rose sehingga anda akan dihadapkan pada beberapa
pilihan seperti terlihat pada gambar 1, contohnya : jdk-12, jdk-116, jenterprise, jfc-11, Oracle Database, Rational Unified Process (RUP), VB6 Standard serta model-model yang lain.

Model-model ini merupakan pilihan apakah ingin file Rational Rose yang mengandung komponen Java, Visual Basic atau Visual C++. Hal ini dibutuhkan ketika nanti akan melakukan generate code (membuat contoh code) dari design yang telah dibuat.

Gambar diatas adalah Tampilan Pembuka Rational Rose

Rational Unified Proses (RUP) merupakan pilihan yang tepat untuk membuat suatu design yang lengkap dengan cara mudah karena model ini merupakan template, sehingga kita dapat langsung melakukan perubahan dengan mengganti Use Case, Actors, Class Diagram yang telah ada pada template RUP.

Namun jika anda tidak ingin memilih salah satu dari model-model diatas anda dapat menekan tombol Cancel, sehingga akan didapatkan tampilan seperti sebagai berikut ini:



Gambar Tampilan Awal Rational Rose

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bowol.blogspot.com Fans

bowol on Facebook