Jumat, 12 Maret 2010

Data Dictionary ( Kamus Data )

Data Dictionary tidak menggunakan notasi grafis sebagaimana halnya DFD, tetapi porsinya dalam memodelkan sistem tidak perlu diragukan lagi karena, sebuah model tidak lengkap tanpa DD. Mirip dengan kamus yang membantu kita dalam mencari arti kata baru, maka DD juga mempunyai fungsi yang sama dalam pemodelan sistem. Selain itu DD berfungsi membantu pelaku sistem untuk mengerti aplikasi secara detil, dan mengorganisasi semua elem,en data yang digunakan dalam sistem secara presisi sehigga pemakai dan penganalisa sistem punya dasar pengertian yang sama tentang masukkan, keluaran, penyimpanan dan proses. DD mendefinisikan elemen data dengan fungsi sebagai berikut :

a. Menjelaskan arti aliran data dan penyimpanan dalam DFD.

b. Mendeskripsikan komposisi paket data yang bergerak melalui aliran ( misalnya alamat diuraikan menjadi kota, negara dan kode pos).

c. Mendeskripsikan komposisi penyimpana data.

d. Menspesifikan nilai dan satuan yang relevan bagi penyimpan dan aliran.

e. Mendeskripsikan hubungan detil antar penyimpanan yang akan menjadi titik perhatian dalam entity-relationship diagram.



Pada kebanyakan sistem pada dalam dunia nyata dimana kita bekerja, kadang-kadang elemen data terlalu kompleks untuk didefinisikan. Kekomplekkan tersebut seharusnya diuraikan melalui sejumlah elemen data yang lebih sederhana. Kemudian elemen data yang lebih sederhana tersebut didefinisikan kembali hingga nilai dan satuan yang relevan dan elementer. Pendefinisian tersebut menggunakan notasi yang umum digunakan dalam menganalisa sistem dengan menggunakan sejumlah simbol yaitu :
Tabel Simbol Data Dictionary
Sumber Husni Iskandar Pohan dan kusnassriyanto Saiful Bahri, Pengantar Perancangan Sistem, 1997.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bowol.blogspot.com Fans

bowol on Facebook