Selasa, 09 Maret 2010

Apa yang dimaksud Hierarchi Input Proses Output (HIPO), Sasaran HIPO dan Diagram HIPO

HIPO merupakan metodologi yang dikembangkan dan didukung IBM, sebagai alat desain dan teknik dokumentasi dalam siklus pengembangan. Sistem HIPO berbasis pada fungsi yaitu tiap- tiap modul dalam sistem digambarkan oleh fungsi utamanya.
HIPO disajikan dalam bagan alir sistem dan struktur menu yang digunakan dari desain tersebut dapat dilihat bahwa berkas yang saling berkaitan dengan berkas yang lainnya, sehingga dengan adanya hal tersebut kita tidak harus membaca program seluruhnya karena dapat dibaca garis besar jalannya program.


Sasaran HIPO sebagai berikut :

1. Menyediakan struktur untuk memahami fungsi-fungsi sistem


2. Untuk lebih memahami fungsi–fungsi yang harus diselesaikan oleh program. Bukan menunjukkan statement-statement program yang digunakan untuk melaksanakan fungsi tersebut.

3. Untuk menyediakan penjelasan yang jelas dari input yang harus digunakan dan output yang dihasilkan oleh masing-masing fungsi pada tiap-tiap tingkatan dari bagian-bagian HIPO.

4. Untuk menyediakan output yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pemakai.

Tiga macam diagram dalam tingkatan HIPO yaitu :

a. Visual Table Of Contents (VTOC)

Diagram ini menggambarkan hubungan dari fungsi – fungsi dalam sistem secara berjenjang.


b. Overview Diagram

Overview diagram menunjukkan secara garis besar hubungan dari input, proses dan output. Bagian input menunjukkan item-item data yang akan digunakan oleh bagian proses. Bagian proses berisi sejumlah langkah-langkah yang menggambarkan kerja dari fungsi. Bagian output berisi dengan item-item data yang dihasilkan atau dimodifikasi oleh langkah-langkah proses.

c. Detail Diagram

Detail diagram merupakan diagram tingkatan yang paling rendah di diagram HIPO. Diagram ini berisi elemen-elemen dasar dari paket yang menggambarkan secara rinci kerja dari fungsi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

bowol.blogspot.com Fans

bowol on Facebook