Rabu, 17 Februari 2010

Efek Berbahaya Campuran Kafein dan Alkohol

Kafein telah lama diakui sebagai minuman yang memberi kewaspadaaan dan meningkatkan kesadaran. Pada kenyataannya, banyak orang yang ingin meningkatkan stamina secara cepat dengan minuman energi yang mengandung kafein dan alkohol untuk menciptakan efek ketenangan.

Sebuah studi terbaru menyebutkan mencampur alkohol dengan minuman berkafein bisa sangat berbahaya. Dalam jurnal Addictive Behaviors disebutkan para peminum minuman energi dan alkohol tiga kali cenderung lebih mabuk daripada para peminum minuman beralkohol lainnya.

Studi dilakukan Universitas Florida pada 800 mahasiswa perguruan tinggi yang dipilih secara acak
dengan usia berbeda. Setiap peminum ditanyakan berapa kafein dan alkohol yang diminum serta tes breathalyzer untuk mendapatkan kadar alkohol darah secara akurat.

Hasilnya, orang yang mengkonsumsi alkohol dan kafein memiliki tingkat kesadaran lebih baik daripada orang yang meminum alkohol. Mereka juga menemukan bahwa orang-orang minum alkohol dan kafein lebih lama berada di bar dibandingkan orang yang hanya minum alkohol.

Peneliti Dennis Thombs, mengatakan kafein mempengaruhi persepsi orang tentang bagaimana mereka mabuk. "Menggabungkan minuman energi dan alkohol dapat mengelabui otak, membuat orang berpikir bahwa mereka cukup sadar ketika mereka sebenarnya sedang mabuk," ujarnya.

Studi menunjukkan semakin banyak bukti bahwa kafein dan alkohol adalah sebuah kombinasi berbahaya. Studi sebelumnya yang dilakukan Wake Forest University menunjukkan bahwa 28 persen peminum campuran alkohol dan kafein meningkatkan risiko gangguan kesehatan serius.

Bruce Goldberger, penulis senior dari Universitas Florida menggambarkan efek kafein sebagai 'ilusi'. "Mereka percaya efek stimulan kafein akan melawan efek depresi alkohol. Tapi hal itu tidak terjadi."

Sumber: VIVAnews

1 komentar:

  1. Oh gitu ya!!thax sob da coment di blogku btw aq mau follow di blogmu kok g muncul ya!!follow blogku donk!!

    BalasHapus

bowol.blogspot.com Fans

bowol on Facebook