Jumat, 26 Februari 2010

Cara Membuat Tabel, Form, dan Report pada Microsoft Office Access 2007


A. Tabel
Untuk membuat suatu tabel sederhana, langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Biasanya ketika telah membuat database baru, akan langsung muncul perintah untuk membuat tabel. Jika tidak ada, klik Create, pilih Table.
2. Isikan nama field-fieldnya beserta isi dari field-field tersebut

Gambar Contoh Membuat Tabel Baru


3. Simpan

B. Queri
Agar data lebih mudah di cari, maka kita bisa membuat query untuk mengorganisasikan data. Tampilan pada query hampir sama dengan tampilan pada tabel, hanya pada query data lebih mudah dicari.

C. Form
Form digunakan untuk berinteraksi dengan data pada layar, agar data yang kita isikan pada tabel tadi terlihat pada form. Langkah-langkahnya :

1. Klik Create

2. Pilih More Forms

3. Pada Form Wizard, pindahkan Field-fieldnya, lalu next

4. Pilih layout form (layout dibawah menggunakan Columnar) klik next

5. Pilih gaya tampilan form (tampilan dibawah menggunakan gaya Flow) lalu next

6. Klik Finish

Gambar Contoh Form

D. Report

Report digunakan untuk mencetak hasil. Langkah-langkahnya :

1. Klik Create

2. Pilih Report Wizard

3. Pada Form Wizard, pindahkan Field-fieldnya, lalu next

4. Urutkan seperti keinginan, klik next

5. Pilih gaya tampilan report (tampilan dibawah menggunakan gaya Urban), lalu next

6. Klik Finish
Gambar Contoh Report 
Selamat mencoba

2 komentar:

  1. oke sam...pasang link gw di side bar...bukan di postting halaman statis, krn link sedulur gw juga gw pasang di side bar...kalo udah pasang konfirmasi gw ya?

    BalasHapus
  2. Hai Bowo ambil hadia anda di

    http://kompinter.blogspot.com/2010/03/hadiah-kompinter-bulan-maret-2010.html

    BalasHapus

bowol.blogspot.com Fans

bowol on Facebook