Minggu, 31 Januari 2010

Goojje, Search Engine “adiknya” Google di China

Tuduhan Google terhadap China tentang serangan hacker semakin memanas. Setelah Google mengancam akan menarik diri di China, sekarang giliran China meluncurkan tandingan Google dengan nama Goojje.

Goojje memiliki akhiran “jje” yang kedengarannya seperti “jie jie” atau berarti perempuan, yang mencerminkan bagaimana suku kata terakhir Google
suara seperti “ge ge” atau saudara. Goojje juga merupakan mesin pencari dan menawarkan beberapa jenis layanan jaringan sosial dan BBS.

Orang misterius di balik Goojje diduga seorang mahasiswi asal China. Sebelumnya dia pernah menuliskan kalimat pada halaman Goojje bahwa “Alasan saya membuat Goojje selain karena kakak saya (Google) akan meninggalkan kami, adalah untuk menyelesaikan mimpi yang harmonis. Saya berharap Goojje dapat membawa setiap potongan kebahagiaan kepada semua orang, harapan Goojje dapat menemani Anda melalui setiap kesepian musim … Saya berharap Goojje dapat membantu semua orang memahami berita internet.

Segera setelah peluncuran ini sang mahasiswi pembuat Goojje ini segera menghubungi netizens untuk mengembangkan platform ini secara opensource.

Sumber: kabarit.com

1 komentar:

  1. waH dItinNgal gOogle, masUk gOojJe,,
    tERnYatA di cHinA pEpaAtAh lEluHur kIta mAsuk jUga yA,,
    yAng pAtah tUmnUh hIlanG beRganTimm
    hehehehe

    BalasHapus

bowol.blogspot.com Fans

bowol on Facebook